Program Pendidikan dokter spesialis (PPDS) di Amerika Serikat

on Selasa, 31 Maret 2009

Residency in United States



Hi, sekedar berbagi informasi untuk menambah wawasan di antara mahasiswa kedokteran di Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui, pendidikan program spesialis di Indonesia cukup banyak memakan biaya. Nah kalau kita ingin meringankan beban orang tua, ada baiknya untuk melihat kemungkinan mengikuti program spesialis (residency) di Amerika Serikat. Tentu untuk masuk program tsb, sangat kompetitif. Beberapa program, e.g., kulit, mata, radiology, anasthesi, hampir tidak mungkin ditembus oleh orang asing (i.e., yg bukan lulusan medical school di US). Tapi untuk beberapa jurusan lain, e.g., anak, penyakit dalam, psychiatry, peluang mendapatkan tempat cukup terbuka. Tapi, tentunya sangat kompetitif, karena akan bersaing bukan hanya dgn mereka yg lulusan amerika (yg tentunya lebih diminati oleh tiap2 program) tapi juga orang india, pakistan, amerika latin, china, eropa, afrika dll. Jadi persaingan sangat ketat, tapi kalau kita sudah diterima maka kita tidak akan dibebani oleh uang sekolah, iuran ini, iuran itu. Yang ada, kita malah dibayar alias digaji sekitar $40.000 - $50.000 (which is 500jt sampe 600 jt)per tahun. Lama pendidikan tergantung jurusan yg ditempuh. Untuk penyakit dalam & jurusan anak sekitar 3 tahun.

Bagaimana cara masuknya?

Ok..pertama...tentunya harus punya sertifikasi ECFMG (Educational Commission for Foreign Medical Graduates). Lihat di website mereka untuk tahu lebih jauh ttg ini: http://www.ecfmg.org/cert/index.html. Untuk dapat ECFMG sertifikat, maka kita harus lulus ujian USMLE (United States Medical Licensing Examination). Ujian tersebut ada 3 ujian theory dan 1 ujian klinik. Jadi ada USMLE step 1, step 2, step 2 cs (clinical skill) dan step 3. Untuk dapat sertifikasi kita harus sudah lulus USMLE step 1, step 2 dan step 2 cs. Masing2 ujian sekitar 8 jam. Untuk info lebih jauh, silahkan lihat di website:
http://www.usmle.org/examinations/index.html

Tapi INGAT...untuk bisa mendapatkan tempat di program residency, nilai ujian-ujian tsb sangat penting. Jika nilai kita hanya pas2-an. Jangan harap akan mendapatkan tempat di sini. Jadi cobalah untuk mendapatkan nilai 90 percentile ke atas. Untuk mempersiapkan diri, bisa beli buku2 dari KAPLAN, atau USMLE FIRST AID, atau cari video GOLJAN dll. Juga bisa berlangganan soal ujian dari USMLE World.

Ada baiknya ujian step 1 & step 2 diambil ketika kita masih tingkat 4 - 6. Ujian ini mungkin bisa dilakukan di Indonesia (sama spt ujian TOEFL). Biaya per ujian $800. Untuk ujian step 2 cs, hanya bisa dilakukan di beberapa kota di Amerika, e.g., Chicago, Philadephia, Houston. Biaya untuk yg ini adalah $1200.

Kalau kita mau benar2 ingin melanjutkan ke US, ada baiknya kalau mungkin kita melakukan salah satu rotasi kita di US. Dgn demikian kita akan terekspose dgn system di sini dan mungkin bisa mendapatkan kontak di sini. Selain itu beberapa program spesialisasi menyaratkan kita mempunyai US clinical experiences. Nah, dgn melakukan rotasi di US, maka kita bisa dapat clinical experience ini.

Langkah berikutnya adalah pendaftaran. Hal ini dilakukan secara serentak setiap thn, mulai tgl 1 september. Ini dilakukan online melalui ERAS. Untuk lebih lengkapnya lihat di website mereka: http://www.aamc.org/students/eras/guideline/start.htm

Document yg diperlukan biasanya adalah:
1. Surat rekomendasi dari dokter (3 buah): kalau bisa dapat dari dokter amerika akan sangat bagus sekali;
2. USMLE transcripts;
3. Personal statement;
4. Ijazah kedokteran;
5. Surat dekan;
6. Pas photo.

Sangat dianjukan untuk mengirimkan dokumen tsb ke ERAS (via pos/courier) sekitar bln Agustus, karena mereka akan perlu waktu untuk meng-upload dokumen tsb. Jadi pas tgl 1 september kita sudah siap untuk mengirim lamaran ke program yg kita tuju. Tiap program mempunyai persyaratan berbeda-beda (e.g. USMLE scores, US experience, visa sponsorship, graduation date). Jadi sebaiknya kontak program2 tsb sebelum kita melamar untuk mencari tahu persyaratannya. Untuk mencari program yg ada, silahkan lihat di FREIDA:
https://freida.ama-assn.org/Freida/user/viewProgramSearch.do

Nah, mulai tgl 1 september kita bisa mengirim lamaran via ERAS ke program yg kita tuju. Tentunya ada biaya lamaran disini. Untuk 10 program pertama per jurusan, biayanya $60. Selebihnya diitung satu per satu:

Number of Programs Per Specialty-----------ERAS Fees
Up to 10------------------------

-----------------$60
11-20--------------------------------------------$8 each
21-30--------------------------------------------$15 each
31 or more--------------------------------------$25 each

jadi makin banyak ngelamar, makin besar biayanya. Mungkin orang asing biasanya melamar sekitar 30-40 program per jurusan.

Setelah melamar, kita hanya akan menunggu. Kalau credential kita bagus, maka beberapa program akan mengundang kita untuk interview. Kalau tidak bagus, mungkin tidak ada yg mengundang kita interview. Tapi kalau kita bisa dapat 5-8 interview, itu sudah sangat bagus sekali.

Langkah selanjutnya adalah, kita merangking program yg kita minati. Berdasarkan interview kita (kalau kita dapat interview), kira2 program mana yg kita prioritaskan. Demikian juga si Program, dia akan merangking calon2 mana saja yg dia prioritaskan (Mungkin mereka mengundang 100 orang untuk interview, sementara mereka hanya akan menerima 10 orang). Hal ini dilakukan paling lambat tgl 27 Februari. Untuk info lebih lanjut silahkan lihat NRMP:
http://www.nrmp.org/res_match/yearly.html

Kalau kita bernasib baik maka kita akan tahu apa kita akan dapat tempat atau tidak tgl 17 Maret. Tapi kita masih belum tahu akan dapat tempat dimana.
Baru pada tanggal 20 Maret (Match day) kita akan tahu dimana kita akan diterima. Mungkin kita masuk pilihan nomor 1 kita atau mungkin pilihan nomor bontot.

Setelah itu....kalau matched....pasti hati kita akan happyyyyyy banget. Dan akan mengurus surat2 yg diperlukan, e.g., kontrak, visa dll.
Untuk program spesialisasinya sendiri, akan mulai serentak tgl 1 Juli.

Untuk lihat forum lain yg mendiskusikan ttg lamaran-interview-dan match proses, silahkan lihat sini: http://www.prep4usmle.com/forum/11/
Disitu ada juga diskusi ttg persiapan ujian USMLE step 1 & step 2.


Nah...jadi buat abang/kakak/teman2/adik2..yang minat PPDS di amerika serikat...mungkin bisa diancang2 dari sekarang mulai dari biaya dan persiapan...

USMLE step1,step2,step2CS sama step3 itu sangat,sangat susah...
saya malah pernah membaca di forum studentdoctor.net klo mereka bahkan kyk punya bimbel utk itu...
Untuk persiapan, silahkan baca buku-buku persiapan untuk ujian USMLE step 1. Ini ada beberapa yg saya upload filenya online.

Step 1 - Anatomy: http://www.mediafire.com/?3n92uneydmg
Step 1 - Biochemistry: http://www.mediafire.com/?22mtxexntdm
Step 1 - Physiology: http://www.mediafire.com/?5g1y0dnhfz7
Step 1 - Microbiology & Immunology: http://www.mediafire.com/?dzdjsxvi3y3
Step 1 - Pathology: http://www.mediafire.com/?3yamd51z4xt
Step 1 - Pharmacology: http://www.mediafire.com/?ewy1m1j1ljd
Step 1 - Question BOOK: http://www.mediafire.com/?8yygla2jirt
Step 2 - Question Book: http://www.mediafire.com/?bydomdezmg1

tapi tenang aja kok..USMLE step1,step2 bisa dilakukan di jakarta sehingga lebih mudah utk kita melakukan tes..
dan hampir semua FK di Indonesia di recognized sama pihak USMLE jadi gak masalah mengenai administrasi..........

Klo saya yang paling memberatkan itu biaya tesnya..hehehe..
bayangkan aja biaya USMLE step 1+step2+step3 aja 800+800+1200=US$2800!!!!(berarti sekitar 30 jutaan)...
iya klo lgsung tinggi nilainya...klo gak sama aja..
terus belum lagi USMLE step 2 CS yg harus di USA..
wah..biayanya...ngurus visanya...
mendaftarnya..wah..pasti banyak bgt kelaurnya...
tapi emang...klo udah lulus...bukan kita yg bayar ke mereka..tapi malah kita yang dibayar...(500 juta setahun!!berarti sebulan gaji kita 40 juta..)
belum lagi kesempatan kita untuk kerja di negara2 lain yg mengenal USMLE seperti singapore,HK,aussie...

jadi mungkin bwt abang2/kk2/temen2/adik2 yg bisa menghandle biaya yg sya sebutin tadi serta mau bekerja keras untuk USMLEnya, PPDS ke USA bisa menjadi alternatif selain mengikuti PPDS di Indonesia..

SAlam teman sejawat!!!

(oh,ya,klo mau tahu informasi PPDS di luar negeri atau melakukan clinical rotation di univ terkemuka kyk harvard medical school atau NUS..bisa buka disni http://forums.studentdoctor.net/)

4 komentar:

Ilham mengatakan...

Izin share di blog ya kawan.




Ilham Nugroho WK
Anggota Bidang Strategi 2008/2009

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak infonya bantu banget!

Unknown mengatakan...

SALAM SEHAT KAK DOKTER.....SAYA PUNYA USULAN DARI SEMENJADI PESERTA DIDIK BANGKU SMA , " BAGAIMANA KALO LAMBANG KESEHATAN " DOKTER / KEDOKTERAN UNIVERSAL " YANG SEMULA GAMBAR ULAR DI GANTI GAMBAR TAWON / LEBAH ...LEBIH MEMBERI KEHIDUPAN PADA KESEHATAN. USULAN INI SUDAH SAYA KIRIMKAN KE MENTERI KESEHATAN RI 3 PERIODE TAPI NIHIL TANPA RESPO....N . TERIMAKASIH
Dari Pecinta Sehat dan Kesehatan

Pharmaherbal.com

Intan Nadia Putri mengatakan...

Hai, ini sangat membantu skali, terima kasih banyak :)

Posting Komentar